PEDOMAN UNTUK
GURU
MI HIDAYATUS
SALAFIYAH DUKUHJERUK
A. Struktur
Kurikulum MI Hidayatus Salafiyah Dukuhjeruk
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu (JP)
|
|||
1
|
2
|
3
|
4, 5, dan 6
|
|
A. Mata Pelajaran:
|
||||
1.
Pendidikan Agama Islam
|
||||
a) Al-Qur’an-Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
b) Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
c) Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
d) Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
5
|
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5.
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5
|
6.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
2
|
2
|
2
|
4
|
7.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
2
|
2
|
2
|
3
|
8.
Seni Budaya dan Keterampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9.
Penjaskes
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B. Muatan Lokal:*
|
||||
10. Bahasa
Daerah
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11. Bahasa
Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12. Komputer
|
2
|
|||
C. Pengembangan Diri (Opsional):**
|
||||
13. Pelayanan Konseling
|
2
|
|||
14. Jaritmatika
|
||||
15. Pendidikan Teknologi Dasar
|
||||
16. Olahraga Prestasi
|
||||
17. Study Club B. Arab - B. Inggris
|
||||
18. Qiro’ah dan Seni Nasyid
|
||||
19. Drumband
|
||||
20. Lukis dan Kaligrafi
|
||||
21. Pildacil
|
||||
22. Pramuka
|
||||
Jumlah
|
33 JP
|
33 JP
|
35 JP
|
41 JP
|
Catatan: Kegiatan-kegiatan Pengembangan Diri ini pada
pelaksanaanya dapat digabung dalam 1 (satu) hari, misalnya pada hari Sabtu
dengan menyelenggarakan program “Creative Day”.
GAMBARAN PROGRAM
PEMBELAJARAN KOMPUTER
Kelas
|
Materi
|
I
|
1.
Pengenalan Bagian-Bagian Komputer;
2.
Games (Permainan Komputer)
|
II
|
1.
Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan urutan yang benar;
2.
Games (Permainan Komputer)
|
III
|
1.
Mengetik huruf dan angka;
2.
Games (Permainan Komputer)
|
IV
|
1.
Mengetik Surat Pertamaku;
2.
Games (permainan Komputer)
|
V
|
1.
Membuat dan mengetik surat;
2.
Membuat kolom/jadwal pelajaran
|
VI
|
1.
Membuat Surat
2.
Menghitung
3.
Pengenalan Internet
|
B. Patokan Nilai
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Mata Pelajaran
di MI Hidayatus
Salafiyah Dukuheruk
No
|
Mata Pelajaran
|
Kls 1
|
Kls 2
|
Kls 3
|
Kls 4
|
Kls 5
|
Kls 6
|
|
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Al-Qur’an - Hadits
|
Penguasaan Konsep
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
|
Membaca dan Menulis
|
||||||||
Sikap Beragama
|
||||||||
b. Fiqih
|
Penguasaan Konsep
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
|
Keterampilan Beribadah
|
||||||||
Sikap Beragama
|
||||||||
c. Aqidah - Akhlak
|
Penguasaan Konsep
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
|
Keterampilan
|
||||||||
Sikap Beragama
|
||||||||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
Penguasaan Konsep
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
|
Sikap Beragama
|
||||||||
e. Bahasa Arab
|
Mendengarkan
|
65
|
65
|
67
|
67
|
70
|
70
|
|
Berbicara
|
||||||||
Membaca
|
||||||||
Menulis
|
||||||||
2
|
Pend. Kewarganegaraan
|
Penguasaan Konsep
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
Praktek
|
||||||||
3
|
Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Mendengarkan
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
Berbicara
|
||||||||
Membaca
|
||||||||
Menulis
|
||||||||
4
|
Bahasa Inggris
|
Mendengarkan
|
65
|
65
|
67
|
67
|
70
|
70
|
Berbicara
|
||||||||
Membaca
|
||||||||
Menulis
|
||||||||
5
|
Matematika
|
Bilangan
|
65
|
65
|
67
|
67
|
70
|
70
|
Al-Jabar
|
||||||||
Geometri dan Pengukuran
|
||||||||
Peluang dan Statistik
|
||||||||
6
|
Pengetahuan
Alam (Sains)
|
Penguasaan
Konsep
|
65
|
65
|
67
|
67
|
70
|
70
|
Ketrampilan Sains
|
||||||||
7
|
Pengetahuan Sosial
|
Penguasaan Konsep
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
Ketrampilan Sosial
|
||||||||
8
|
Kesenian
|
Apresiasi
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
Kreasi
|
||||||||
9
|
Pendidikan Jasmani
|
Permainan dan Olahraga
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
Pengembangan
|
||||||||
Uji diri dan senam
|
||||||||
Pilihan
|
||||||||
10
|
Ketrampilan (TIK)
|
Pengetahuan
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
Praktek
|
||||||||
11
|
Muatan Lokal: B. Daerah
|
Mendengarkan
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
Berbicara
|
||||||||
Membaca
|
||||||||
Menulis
|
||||||||
Muatan Lokal: Komputer
|
Pengetahuan
|
70
|
70
|
72
|
72
|
75
|
75
|
|
Praktek
|
Catatan: Pengembangan Diri tidak menggunakan angka KKM, tetapi
dalam bentuk huruf yang menggambarkan tingkatan capaian, dengan pedoman sebagai
berikut:
Kategori Nilai
|
Keterangan
|
A
|
Sangat Baik
|
B
|
Baik
|
C
|
Cukup
|
D
|
Kurang
|